Jemaat (dan atau) Warga Jemaat, Mari Kita Luruskan …

first-congregational

Kawan, aku masih sering “terganggu” dengan kesalahpenempatan kata “jemaat” dalam penggunaan komunikasi kita sehari-hari. Yang aku maksudkan adalah penggunaan kata tersebut dalam kehidupan bergereja. Masih sering campur-aduk.

Misalnya:

“Saya adalah jemaat HKBP Simpang Limun Resort Medan-2”.

“Sebagai jemaat, saya berkewajiban mematuhi semua peraturan yang berlaku”.

“Untuk memulai responsoria ini, jemaat dipersilakan berdiri …”

 

Dulunya, aku juga menggunakan kalimat seperti itu (dan juga yang keliru lainnya). Menurut kamus bahasa Indonesia versi Depdiknas, “jemaat” berarti sehimpunan umat. Oleh sebab itu, setiap individu adalah “warga jemaat” yang kemudian menjadi kumpulan/persekutuan yang disebut dengan “jemaat”. Dalam bahasa Batak, “jemaat” adalah “huria”; dan “warga jemaat” disebut dengan “ruas”. Dengan demikian, kalimat-kalimat tersebut di atas seharusnya menjadi:

 

“Saya adalah warga jemaat HKBP Simpang Limun Resort Medan-2”; atau:

“Saya terdaftar dalam jemaat HKBP Simpang Limun Resort Medan-2”.

 

“Sebagai warga jemaat, saya berkewajiban mematuhi semua peraturan yang berlaku”.

“Untuk memulai responsoria ini, warga jemaat dipersilakan berdiri …”

 

Tak usah kecil hati. Aku pun tercerahkan saat mengikuti perkuliahan Pembangunan Jemaat di STT beberapa tahun yang lalu. Sebelum memulai pelajaran, pak dosen yang pendeta (atau pak pendeta yang dosen?) meluruskan pengertian tentang “jemaat” tersebut terlebih dahulu. Mengherankan, kami semua mahasiswa yang ditanyakan pemahamannya tentang istilah tersebut, kompak menjawab dengan pengertian yang salah!

Tinggalkan Balasan

