Auli Terpilih Jadi Wakil Ketua Kelas

Di sela kepenatanku bekerja dengan Distributor Ambon untuk mendampingi tim lokal petugas lapangan/penjualan kami, tiba-tiba ada masuk panggilan telepon dari Auli yang menggunakan nomor ponsel mamaknya (karena ponsel Auli sudah rusak …). Dengan gembira Auli menyampaikan bahwa dia terpilih menjadi wakil ketua kelas. Di tengah-tengah kekurangjelasan suara, pesan yang bisa aku tangkap: ternyata pagi harinya diadakan pemilihan ketua kelas di sekolah tempat Auli sekarang belajar. Ketua terpilih dengan 10 suara, sedangkan Auli memperoleh 8 suara. Ketua yang lama hanya memperoleh 2 suara. Sebagaimana yang lazim terjadi dalam pemilihan seperti ini, yang nomor dua otomatis menjadi wakil ketua mendampingi peraih suara terbanyak.

 

Tentu saja aku bangga akan hal ini, dan beberapa kali pernah aku sampaikan ke Auli dalam berbagai kesempatan berdiskusi supaya Auli ”berani” menjadi ketua kelas. Bagiku, ini menunjukkan bakat kepemimpinannya. Selain itu, aku juga bangga karena itu berarti Auli berhasil meruntuhkan tembok penghalang gender yang selama ini disampaikannya padaku tentang pemahamannya bahwa yang bisa menjadi ketua haruslah anak laki-laki. Tentu saja aku menyemangatinya dengan mengatakan bahwa anak perempuanpun bisa, asalkan mampu. Aku lebih memotivasinya dengan mengatakan bahwa Auli sudah memiliki salah satu ”modal” yang adalah menjadi juara kelas.

 

”Sekarang jadi wakil ketua kelas dulu, nak. Itu karena teman-temanmu sudah mempercayaimu. Kalau kamu tetap baik dan menjadi yang terbaik, pasti teman-temanmu akan memilihmu menjadi ketua nantinya. Tak apa, itu bagus koq …”, hiburku ketika mendengar sedikit nada keraguan karena hanya mampu ”sekadar” menjadi wakil ketua kelas. Rasanya ingin aku cepat-cepat pulang ke rumah untuk segera bertemu dengannya dan memberikannya bekal tentang kepemimpinan. Paling tidak, untuk tingkatan kelas dua sekolah dasar.

Iklan

One comment on “Auli Terpilih Jadi Wakil Ketua Kelas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s