Nyepi di Bandung …

Setelah tanggal 01 Maret 2010 yang lalu serah-terima ala kadarnya, kemarin adalah hari pertamaku untuk permanen bertanggung jawab untuk wilayah penjualan di bawah kantor Bandung. Permanen, maksudnya sudah bertanggung jawab penuh sampai ada perintah pindah tugas berikutnya … Tanggal 01 yang lalu benar-benar timbang-terima yang sangat sekadarnya. Dan baru kali ini aku alami selama bekerja di perusahaan ini. Dalam dua hari yang tidak penuh, pemimpin yang lama hanya mengenalkanku pada anggota tim dan membawaku ke lokasi Distributor di Bandung dan Sukabumi. Salaman, lalu disampaikan, “Efektif hari ini yang akan menggantikan saya adalah bapak ini yang sudah pasti sangat Bapak kenal sebelumnya …”. Lalu komputer-jinjing alias laptop alias notebook diserahkan padaku. “Di dalamnya terdapat semua file yang selama ini aku pergunakan untuk bekerja. Silakan pelajari sendiri, karena saya juga sudah ditunggu untuk pekerjaan yang baru di Jakarta …”, demikianlah yang disampaikan oleh orang yang aku gantikan pada sore hari kedua sebelum beliau meninggalkan Kantor Bandung untuk bertugas di Jakarta.

Ya sudah, aku pun tak mau kecil hati. Toh semua bisa dipelajari, asalkan ada keinginan yang kuat. Besoknya (Rabu) aku minta semua anggota tim hadir jam delapan pagi. Rapat konsolidasi pertama. Aku tekankan untuk tidak dating terlambat (karena Senin sebelumnya aku lihat rapat dimulai terlambat sampai beberapa jam, dan semua santai saja seolah-olah tidak ada masalah …). Dan Rabu memang semua datang tepat waktu, hanya satu orang yang terlambat karena baru tiba dari Sukabumi. Tapi aku kembali menegaskan bahwa disiplin sangat penting bagiku. Jam delapan tepat, rapat aku mulai.

Minggu yang lalu aku serahterimakan pekerjaanku di Kantor Pusat kepada penggantiku. Satu minggu penuh, yaitu sejak Senin sampai Jum’at sesuai peraturan hari kerja di Kantor Pusat, dan Sabtunya aku memimpin rapat kecil di Kantor Wilayah dengan tiga orang anggota tim yang baru mengikuti pelatihan di Kantor Pusat. Dengan tepat waktu.

Dan sejak kemarin aku sudah berada kembali di Bandung. Fokus utama adalah mencari kontrakan untuk kantor dan rumah. Kantor yang sekarang kami tempati ternyata sudah habis masa kontraknya sejak Desember tahun lalu. Masih diberi kesempatan sampai 31 Maret 2010 ini untuk mencari penggantinya sesuai “ultimatum” surat Ketua RW yang menyatakan keberatan kami berkantor di lingkungan tersebut karena warga terganggu dengan aktivitas kantor kami selama ini (parkir dan jumlah orang yang relatif banyak lalu-lalang …). Sudah ada calon pengganti yang sempat dicari oleh pemimpin sebelumnya), tapi karena masih di lingkungan sekitar (dan kondisi bangunannya tidak sesuai menurutku dan anggota timku di sini …), maka aku putuskan untuk mencari yang lain di luar komplek yang ada sekarang.

Kemarin aku sudah melihat beberapa, dan hanya ada dua yang bisa dijadikan pilihan (sesuai kebutuhan dan sesuai pula dengan anggaran). Untuk kantor, aku sudah sedikit lega. Tinggal mencari untuk rumah kontrakan tempat kami nanti tinggal. Auli sudah menyampaikan kerinduannya untuk tinggal di rumah berlantai dua (entah dari mana pula inspirasi ini …), dekat dengan sekolahnya dan tempat les musiknya (melanjutkan yang selama ini diikutinya). Kemarin aku melihat lokasi yang pas adalah di daerah Batu Nunggal. Mudah-mudahan kerinduan Auli (yang juga pernah didaraskannya dalam do’a menjelang tidur) dapat terpenuhi.

Hari ini libur Nyepi alias Tahun Baru Saka. Sejak pagi tadi aku di kantor. Benar-benar menyepi karena kantor juga sepi. Sebelum sarapan di penginapan yang sederhana yang lokasinya dekat kantor (sehingga aku bisa berjalan kaki saja …) aku sudah menelepon Auli menanyakan kabarnya yang kami tinggalkan sejak kemarin. Aku ke Bandung dan mak Auli ke Medan menghadiri pasahat sulang-sulang pahompu dari keluarga ito-ku nomor empat. Rencananya Auli dan mak Auli akan ke Bandung bersama Jum’at nanti untuk menetapkan pilihan rumah yang akan kami kontrak.

Tinggalkan Balasan

