Andaliman – 108 Khotbah 16 Januari 2011 Minggu I Efifani

Lihatlah Dia, Anak Manusia …

Nas Epistel: 1 Yohanes 5:11-13

5:11 Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya.

5:12 Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup.

5:13 Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.

Nas Evangelium: Yohanes 1:43-51

1:43 Pada keesokan harinya Yesus memutuskan untuk berangkat ke Galilea. Ia bertemu dengan Filipus, dan berkata kepadanya: “Ikutlah Aku!”

1:44 Filipus itu berasal dari Betsaida, kota Andreas dan Petrus.

1:45 Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.”

1:46 Kata Natanael kepadanya: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?”

1:47 Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!”

1:48 Kata Natanael kepada-Nya: “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.”

1:49 Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!”

1:50 Yesus menjawab, kata-Nya: “Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.”

1:51 Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

 

Ada beberapa pesan menarik yang aku lihat dalam kedua perikop ini. Keduanya memang membicarakan tentang Yesus, persisnya penyataan bahwa Yesus adalah memang benar anak Allah. Dan menjadi sangat menarik manakala kita membawanya ke dalam kehidupan persekutuan (sebagaimana perikop Ep yang memang sedang membicarakan tentang persekutuan.

 

Jika dipadu-padankan, nas Ep dan Ev aku melihat keterkaitannya sebagai berikut:

(1)   Yesus menyatakan bahwa Dia adalah Anak Allah. Melalui pesan yang disampaikan-Nya – misalnya tentang janji dan kepastian akan kehidupan yang kekal – terkesan bahwa Dia memang sangat dekat dengan Allah. Bisa aku bayangkan, tidak banyak (bahkan mungkin juga tidak ada!) yang berani dan dengan ketegasan seperti Yesus tentang ajaran kehidupan yang kekal pada masa itu.

(2)    Pada masa Yesus, orang-orang masih bisa berinteraksi secara langsung dan menerima pesan dari ucapan Yesus secara langsung. Bahkan dapat melihat perbuatan-Nya secara langsung sebagaimana yang dialami oleh Natanael dan murid-murid yang lain. Sepertinya Yesus “menyindir” Natanael yang percaya karena melihat kemampuan Yesus yang tidak biasa secara langsung.

 

Tantangan/Bekal untuk (Warga) Jemaat/Referensi

Dari manakah kita bisa melihat kekeberadaan Yesus saat ini? Dan bagaimanakah kita bisa merasakan kehadiran-Nya? Alkitab adalah salah satu sarana yang harus dijadikan sumber utama dalam mengenal dan mengetahui tentang Yesus. Dan juga status-Nya sebagai Anak Allah. Alkitab berbicara dengan jelas dan panjang lebar tentang Yesus.

 

Selain itu, adalah melalui persekutuan. Persekutuan anak-anak Allah. Siapa lagi, ya kita-kita inilah yang bersekutu dan menjalankan aktivitas yang sesuai dengan tuntutan dan tuntunan Alkitab. Dari persekutuan kita yang hiduplah, orang-orang akan melihat kehadiran Allah.

 

Persektuan tersebut terbentuk dari kumpulan beberapa individu. Nah, secara individu kitalah yang membentuk dan mewarnai persekutuan tersebut. Bagaimana kita memahami Yesus melalui firman Allah, demikianlah kita akan merefleksikannya dalam kehidupan. Hidup keseharian, dan hidup dalam persekutuan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s