Andaliman – 111 Khotbah 06 Februari 2011 Minggu IV Efifani

Nyatakan Iman Dalam Kehidupan

Nas Epistel: Roma 1:14-17

1:14 Aku berhutang baik kepada orang Yunani, maupun kepada orang bukan Yunani, baik kepada orang terpelajar, maupun kepada orang tidak terpelajar.

1:15 Itulah sebabnya aku ingin untuk memberitakan Injil kepada kamu juga yang diam di Roma.

1:16 Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.

1:17 Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: “Orang benar akan hidup oleh iman.” Nas Evangelium: Matius 8:5-13

8:5 Ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya:

8:6 “Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita.”

8:7 Yesus berkata kepadanya: “Aku akan datang menyembuhkannya.”

8:8 Tetapi jawab perwira itu kepada-Nya: “Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.

8:9 Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya.”

8:10 Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.

8:11 Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga,

8:12 sedangkan anak-anak Kerajaan itu akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.”

8:13 Lalu Yesus berkata kepada perwira itu: “Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya.” Maka pada saat itu juga sembuhlah hambanya.

Seberapa besar imanku? Seberapa luas imanku? Seberapa kuatkah imanku? Semampu bagaimana aku menyatakannya dalam kehidupanku?

Semula aku agak kaget, ketika membaca salah satu buku lama yang menyebutkan bahwa iman dapat diukur, dapat dihitung, dan dapat diapakan lagi … aku menjadi tak ingat semuanya. Dengan ayat-ayat yang dikutip dari Alkitab, membuat semua pernyataannya tersebut mengesankan mengandung kebenaran. Iya, ‘kan? Siapa yang berani mengatakan bahwa firman Tuhan tidak mengandung kebenaran?

Nas perikop Ep menegaskan bahwa tentang kebenaran Injil adalah mutlak. Mutlak pula bagi semua bangsa. Jadi tidak mengenal eksklusivitas latar belakang seseorang. Semua manusia berhak mendapatkan kekuatan yang dari Allah dengan mengimani firman-Nya. Dan imanlah yang menghidupi orang-orang benar.

Nas perikop Ev memberikan satu lagi teladan iman, yaitu seorang perwira yang sangat peduli dengan kehidupan orang-orang di sekitarnya. Dalam contoh ini adalah akan hambanya. Dan imannya – yang mendapat pujian dari Yesus – yang luar biasa yang mampu menyelamatkan hambanya tersebut.

Tantangan/Bekal untuk (Warga) Jemaat/Referensi

Untuk apa sajakah iman yang ada pada kita pernah kita “pergunakan”? Untuk kepentingan diri sendiri, sudah pasti. Untuk orang lain? Mungkin juga. Namun siapa orang lain tersebut? Apakah hanya sebatas saudara dan kerabat saja? Atau hanya terbatas pada orang-orang yang kita kasihi, dan mengasihi kita saja?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan selalu berulang-ulang kita pertanyakan manakala membicarakan perlakuan/perwujudan iman dan kasih dalam kehidupan kita saat ini. Sepanjang hidup, menurutku …

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s