Pesta Telah Usai?

Bangku Kosong Tahun Baru (220113)

Kejadian ini berulang lagi. Saat beribadah tahun baru 01 Januari 2013 di gereja HKBP di Medan ini aku menemukan bangku-bangku kosong di gereja. Hanya segelintir umat yang hadir beribadah. Ada apa, dan kenapa?

Sebelum berangkat ke gereja (sendirian, dan berjalan kaki dari rumah mertua) aku menemukan beberapa penyebabnya yang memungkinkan sepinya umat yang beribadah hari pertama tahun 2013 ini:

(1) Begadang malam sebelumnya. Setelah ibadah pergantian tahun di rumah (yang dimulai jam 00.00) masih dilanjutkan dengan ‘ngobrol, makan kue, memasang lilin dan kembang api, dan lain-lain.

(2) Begadang juga menyebabkan sakit, bisa flu, masuk angin, kembung, pilek, dan lain-lain.

(3) Begadang pada malam tahun baru juga menyebabkan kecapekan.

(4) Ada juga “kebosanan” karena beribadah berturut-turut dalam jangka waktu kurang seminggu. Bayangkan aja: ibadah Minggu 23 Desember, malam Natal 24 Desember, Natal Pertama 25 Desember, Natal Kedua 26 Desember (kalau di HKBP …), Minggu 30 Desember, malam tahun baru 31 Desember … Apalagi kalau beribadahnya di gereja yang sama dengan banyak hal yang sama: pendeta pengkhotbah, pemusik, penyanyi, pelayan ibadah, cara penyampaian khotbah, semuanya sama dan monoton!

Banyak hal yang bisa dijadikan alasan untuk tidak menyetujui hal ini sebagaimana juga banyak hal yang bisa dijadikan sebagai alasan pembenaran, namun bagiku hal menjadi tidak beribadah pada 01 Januari tetaplah tidak bisa diterima. Hanya kondisi sakit parahlah – diri sendiri dan atau keluarga yang dikasihi – yang masih bisa diterima sebagai alasan untuk tidak beribadah. Semoga saja kelesuan beribadah pada 01 Januari tidak menjadi indikator bahwa hari-hari berikutnya akan mengalami kelesuan yang sama …

Bagi para pelayan ibadah, inilah saatnya untuk berpikir keras mengeluarkan ide-ide kreatif agar warga jemaat masih tetap rindu untuk datang beribadah di gereja. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s