Andaliman – 225 Khotbah 14 April 2013 Minggu Miserikordias Domini

Belas Kasihan Karena Kasih Tuhan …

Evangelium Matius 9:35-38

9:35 Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.

9:36 Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.

9:37 Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. 9:38 Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.”

Epistel Yehezkiel 34:11-16 (bahasa Batak Hesekiel)

34:11 Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH: Dengan sesungguhnya Aku sendiri akan memperhatikan domba-domba-Ku dan akan mencarinya.

34:12 Seperti seorang gembala mencari dombanya pada waktu domba itu tercerai dari kawanan dombanya, begitulah Aku akan mencari domba-domba-Ku dan Aku akan menyelamatkan mereka dari segala tempat, ke mana mereka diserahkan pada hari berkabut dan hari kegelapan.  34:13 Aku akan membawa mereka keluar dari tengah bangsa-bangsa dan mengumpulkan mereka dari negeri-negeri dan membawa mereka ke tanahnya; Aku akan menggembalakan mereka di atas gunung-gunung Israel, di alur-alur sungainya dan di semua tempat kediaman orang di tanah itu.

34:14 Di padang rumput yang baik akan Kugembalakan mereka dan di atas gunung-gunung Israel yang tinggi di situlah tempat penggembalaannya; di sana di tempat penggembalaan yang baik mereka akan berbaring dan rumput yang subur menjadi makanannya di atas gunung-gunung Israel. 

34:15 Aku sendiri akan menggembalakan domba-domba-Ku dan Aku akan membiarkan mereka berbaring, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

34:16 Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya.

Terus terang, nas perikop yang menjadi Ev dan Ep Minggu ini sangat menggugah dan melegakan. Dan – yang ini jarang terjadi – sangat berhubungan antara keduanya!

Yesus tidak hanya sekadar mengajar dan memberitakan kabar baik kepada orang banyak, tetapi juga memperhatikan kesejahteraan mereka. Ini menarik dan membuka mataku yang selama ini seringkali terpengaruh oleh anggapan bahwa semua hal yang berhubungan dengan Yesus adalah rohaniah melulu. Kesurgaan 100%! Dan besar kemungkinan cara berpikir sepertiku ini juga menghinggapi banyak orang, termasuk para pelayaan jemaat. Bukan sekadar rohani, namun cenderung pula merohanikan semua hal. Malah ada yang lebih ekstrem: mengutamakan rohani daripada yang non rohani. Padahal, seharusnya seimbang, ‘kan?

Lihatlah Yesus yang berbelas kasihan sebagaimana dicatat oleh Markus dalam perikop ini. Dia melihat, lalu berbelas kasihan, yang lantas diikuti dengan tindakan mengatasi masalah yang sedang dihadapi oleh orang-orang yang juga terpukau dengan kabar gembira yang disampaikan-Nya. Yang sakit disembuhkan, dan segala kelemahan dipulihkan. Melihat kondisi yang mengenaskan tersebut, Yesus mengibaratkan mereka pada analogi domba-domba yang tidak mempunyai gembala.

Domba yang tidak bergembala hanyalah menunggu waktu untuk segera musnah: dimangsa oleh binatang buas, dan atau terjerumus masuk ke dalam jurang. Demikianlah juga manusia zaman sekarang yang tidak mengetahui tujuan hidupnya dan kepada siapa harus menyandarkan pengharapannya. Dan jumlahnya sangat banyak, sebagaimana Yesus katakana dengan “tuaian memang banyak …”.  Semua domba (dalam hal ini juga manusia …) dapat diselamatkan dan terhindar dari malapetaka dan kecelakaan jika ada yang membimbingnya. Manusia dapat diselamatkan jika ada yang menyampaikan kabar sukacita dan berita pengharapan. Dan untuk itu sangat dibutuhkan banyak orang yang mempersembahkan dirinya bagi penyampaian kabar keselamatan yang sudah disampaikan Yesus berabad-abad yang lalu.

Penyelamatan dan penyertaan yang disediakan Tuhan adalah juga yang ditekankan oleh Yehezkiel pada nas perikop yang menjadi Ep Minggu ini. Dengan menjadikan bangsa Israel sebagai “obyek” (yang terkenal sebagai bangsa yang keras kepala dan “angina-anginan” dalam mempercayai penyertaan Tuhan, pesannya adalah bahwa Tuhan tetap akan menyertai bangsa tersebut dan membawa mereka pada kehidupan yang lebih baik dalam pemeliharaan terbaik. Demikian jugalah orang-orang percaya, yang karena kasih setia Tuhan, pasti selalu dipelihara dan disertai dalam hidupnya.

Tantangan/Bekal Bagi (Warga) Jemaat/Referensi

Sebagai anak-anak Tuhan, kita harus mengimani bahwa kita digembalakan oleh Yesus sang Gembala yang baik yang dengan penuh kasih setia selalu menyertai kehidupan kita. Takkan dibiarkan-Nya kita terhilang dan dimangsa oleh himpitan beban dan masalah dalam kehidupan. Kedamaian dan kesejahteraan disediakan-Nya bagi orang-orang percaya yang setia kepada-Nya.

Mengingat kejahatan dan dosa-dosa kita manusia, tidak sepantasnyalah kita beroleh keselamatan. Sebaliknya, yang pantas bagi kita adalah hukuman dan maut. Namun, Yesus dengan belas kasihan yang tidak ternilai dan tidak terimbangi oleh apapun juga, mengulurkan tangan untuk menyelamatkan dan mengangkat kita dari lumpur dosa dan kebinasaan dengan peristiwa kematian-Nya di kayu salib dan bangkit mengalahkan maut.

Yang menjadi pertanyaan sekarang: apakah kita masih mau dan mampu mendengarkan suara panggilan-Nya? Dan apakah kita masih bersedia menerima tawaran kasih karunia dari Dia yang berbelas kasihan yang didorong oleh kasih karunia?

Bagaimana pula kita yang juga berperan sebagai gembala di jemaat? Bumi penuh dengan kasih karunia Tuhan, itulah makna Miserikordias Domini. Jadi, tunggu apa lagi?

About these ads

One comment on “Andaliman – 225 Khotbah 14 April 2013 Minggu Miserikordias Domini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s