Berkhotbah di Persekutuan Remaja

Sabtu, 04 Mei 2013 aku mendapat giliran untuk menjadi pelayan di persekutuan remaja di jemaat kami. ini adalah kesempatan yang pertama yang aku dapatkan sehingga aku tidak mau melewatkan begitu saja. Sama seperti melayani di persekutuan dan kategorial lainnya, aku ‘nggak mau sekadarnya saja atau “biasa-biasa saja”. Membawa firman dengan rileks, dilengkapi presentasi dengan Power Point, dan diselingi penayangan video clip yang pas adalah sudah merupakan standar bagiku.

Nas perikop saat itu adalah dari Yeremia, yang sangat pas dengan bekal yang harus aku sampaikan ke remaja di jemaat kami. Sangat pas! Dan untungnya aku masih menyimpan video clip yang berjudul “Don’t Give Up!” yang membuat mereka semakin bisa meresapi firman yang aku sampaikan dengan penekanan bahwa kita tidak bisa mengandalkan kemampuan kita sendiri. Hanya dengan kasih karunia dan pertolongan Tuhan sematalah kita bisa melewati jalan-jalan kehidupan yang semakin sulit dan penuh tantangan.

Oh ya, sebagian besar mereka yang hadir – hampir dua puluh orang memenuhi konsistori – terkesima melihat wajah-wajah mereka “tiba’tiba” muncul di layar berupa foto mereka (yang beberapa menit sebelumnya aku jepret dan langsung aku tempelkan di presentasiku) yang aku tembakkan ke dinding konsistori, sehingga makin menyemarakkan suasana persekutuan …

Kebaktian Remaja

Aku senang melihat mereka berusaha melayani secara mandiri. Ada beberapa kelucuan dan kegamangan yang terjadi, tapi itu malah membuat suasana jadi cair dan menyenangkan.

Pada suatu Minggu, di depan konsistori, suatu kali beberapa anak remaja menyapaku: “Amang, kapan lagi mengisi di acara persekutuan kami? Khotbah yang kemarin sangat menarik, juga dengan video clip-nya …”.  Bahagia mendengarnya, namun aku segera tersadar bahwa kemuliaan bukanlah hakku …

Tinggalkan Balasan

