Bahan Penelaahan Alkitab Punguan Ama, 23 Agustus 2013

Penelaahan Alkitab Punguan Ama; Jum’at malam, 23 Agustus 2013

Nas Alkitab — Kisah Para Rasul 9:32-42 (TB)

Petrus menyembuhkan Eneas dan membangkitkan Dorkas

9:32 Pada waktu itu Petrus berjalan keliling, mengadakan kunjungan ke mana-mana. Dalam perjalanan itu ia singgah juga kepada orang-orang kudus yang di Lida.

9:33 Di situ didapatinya seorang bernama Eneas, yang telah delapan tahun terbaring di tempat tidur karena lumpuh.

9:34 Kata Petrus kepadanya: “Eneas, Yesus Kristus menyembuhkan engkau; bangunlah dan bereskanlah tempat tidurmu!” Seketika itu juga bangunlah orang itu.

9:35 Semua penduduk Lida dan Saron melihat dia, lalu mereka berbalik kepada Tuhan.

9:36 Di Yope ada seorang murid perempuan bernama Tabita — dalam bahasa Yunani Dorkas. Perempuan itu banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah.

9:37 Tetapi pada waktu itu ia sakit lalu meninggal. Dan setelah dimandikan, mayatnya dibaringkan di ruang atas.

9:38 Lida dekat dengan Yope. Ketika murid-murid mendengar, bahwa Petrus ada di Lida, mereka menyuruh dua orang kepadanya dengan permintaan: “Segeralah datang ke tempat kami.”

9:39 Maka berkemaslah Petrus dan berangkat bersama-sama dengan mereka. Setelah sampai di sana, ia dibawa ke ruang atas dan semua janda datang berdiri dekatnya dan sambil menangis mereka menunjukkan kepadanya semua baju dan pakaian, yang dibuat Dorkas waktu ia masih hidup.

9:40 Tetapi Petrus menyuruh mereka semua keluar, lalu ia berlutut dan berdoa. Kemudian ia berpaling ke mayat itu dan berkata: “Tabita, bangkitlah!” Lalu Tabita membuka matanya dan ketika melihat Petrus, ia bangun lalu duduk.

9:41 Petrus memegang tangannya dan membantu dia berdiri. Kemudian ia memanggil orang-orang kudus beserta janda-janda, lalu menunjukkan kepada mereka, bahwa perempuan itu hidup.

9:42 Peristiwa itu tersiar di seluruh Yope dan banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan.

Nama Orang dan Nama Tempat:

· Dorkas a Christian woman who was restored to life at Joppa

· Eneas a paralyzed man that Peter healed at Lydda

· Lida a Benjaminite town near the Plain of Sharon 15 km SE of Joppa

· Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter

· Saron a region of large coastal plain in northern Palestine,rich coastal plain in North Palestine (IBD),the unsettled plains country (IBD)

· Tabita a Christian woman who lived in Joppa and whom Peter raised from the dead

· Yope a seaport town on the Mediterranean coast about 35 miles northwest of Jerusalem,a town and seaport 55 km NW of Jerusalem & 85 km south of Mt. Carmel

Tafsiran/Catatan

Wycliffe: Kis 9:35 35. Kisah penyembuhan Eneas menyebar ke seluruh kota Lida dan ke seluruh dataran Saron, yang berbatasan dengan pantai taut. dan menghasilkan pertobata…

35. Kisah penyembuhan Eneas menyebar ke seluruh kota Lida dan ke seluruh dataran Saron, yang berbatasan dengan pantai taut. dan menghasilkan pertobatan banyak orang. Wilayah ini sebagian ditinggali oleh orang-orang bukan Yahudi; Lukas sedang menelusuri perluasan gereja dari masyarakat Yahudi di Yerusalem ke orang-orang bertobat yang bukan Yahudi.

Wycliffe: Kis 9:36 36. Yope. Sebuah kota di tepi taut, sekitar sepuluh mil di sebelah barat laut Lida. Tabita. Sebuah kata Aram yang artinya sejenis rusa. Dorkas. Kata Y…

36. Yope. Sebuah kota di tepi taut, sekitar sepuluh mil di sebelah barat laut Lida. Tabita. Sebuah kata Aram yang artinya sejenis rusa. Dorkas. Kata Yunani untuk nama tersebut. Dia sangat disayangi oleh orang-orang Kristen karena perbuatan-perbuatannya yang baik dan tindakan-tindakan kebajikannya.

Wycliffe: Kis 9:37

37. Hukum-hukum penyucian menurut aturan agama Yahudi mengharuskan mayat-mayat dimandikan. Mayat itu kemudian ditempatkan di sebuah ruangan atas untuk menunggu dikuburkan.

Ende: Kis 9:38

Sebenarnya 20 km.

Wycliffe: Kis 9:39 39. Semua janda, yang termasuk golongan yang paling kekurangan di dunia kuno, merupakan sasaran khusus dari kebaikan hati Tabita. Mereka mungkin memak…

39. Semua janda, yang termasuk golongan yang paling kekurangan di dunia kuno, merupakan sasaran khusus dari kebaikan hati Tabita. Mereka mungkin memakai pakaian yang dijahitkan Dorkas untuk mereka.

Pertanyaan untuk Didiskusikan

(1)   Selain Petrus, Yesus juga melakukan mukjizat penyembuhan orang sakit dan membangkitkan orang mati. Apakah perbedaannya?

(2)   Mengapa Petrus menyembuhkan Eneas dan membangkitkan Dorkas?

(3)   Apa yang membedakan kebangkitan Dorkas, Lazarus, anak janda di Nain, dan lain-lain dengan kebangkitan Yesus dari kematian?

Refleksi

(1)   Pelayanan jemaat sebaiknya dilakukan dengan aktif, yakni mengunjungi warga jemaat untuk dilayani dengan baik. Jarak juga jangan dijadikan penghalang, melainkan sebagai penghubung.

(2)   Bagi Tuhan, tidak ada waktu yang terlalu pendek, ataupun terlalu panjang. Bagi-Nya, semua indah pada waktunya.

(3)   Tidak hanya satu, Tuhan punya berbagai macam cara dalam menyatakan kehendak-Nya, termasuk menyembuhkan dari penyakit. Tinggal bagaimana kita meyakini bahwa proses yang dikerjakan Tuhan adalah sedang berjalan, dan menuruti jalan-Nya.

(4)   Apa yang kita lakukan hendaknya menyatakan kemuliaan bagi Tuhan, bukan diri sendiri.

(5)   Bukan karena apa yang ada pada kita – kekayaan, kebaikan, sumbangan, kepintaran, kekuasaan, dan lain-lain – sehingga membuat Tuhan berbelas kasihan dan mengabulkan permintaan kita, melainkan motivasi yang mendasari itu semualah yang menentukan!

Jakarta, 22 Agustus 2013

Sebagian besar bahan ini diunduh dari dari http://www.sabda.net.id dengan perubahan minor di beberapa bagian. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s