Logam Mulia untuk Auli: Selamat Ulang Tahun!

Auli Birthday Cake (280314)

Hari ini Auli berulangtahun. Umurnya 12 tahun, itu berarti sudah 12 tahun kami sekeluarga merasakan sukacita dengan kehadirannya melengkapi keluarga kami. Hadiah ulang tahun dariku sudah aku berikan beberapa minggu lalu, yakni berupa dompet cantik berwarna kombinasi biru muda yang kami beli di toko buku Gramedia bersama Auli dan mamaknya pada suatu hari Minggu. Itu adalah permintaan dan sesuai dengan keinginannya. Walau semula berjanji untuk mulai memakainya pada hari ulang tahun, namun faktanya dia hanya bisa bertahan dalam satu hari. Besoknya Auli sudah membawanya ke sekolah.

Kemarin waktu mau berangkat ke kantor, mak Auli bertanya kepadaku tentang rencana merayakan ulang tahun Auli pada Sabtu atau Minggu besok. “Hanya mengundang keluarga dekat kita saja. Karena long weekend sampai Senin, biasanya anak-anak yang di Jakarta mau ‘nginap di rumah. Sekalian aja kita bikin perayaannya”, demikian kata mak Auli pagi itu yang sekaligus meralat rencananya semula mengajak keluarga lebih banyak (orang-orang tua plus anak-anak) untuk menikmati Transera Waterpark (taman rekreasi wisata air yang baru diresmikan 28 Februari 2014 yang lalu yang terletak di komplek perumahan tempat kami tinggal saat ini). 

“Baguslah, kalau begitu. “Nggak usah rame kali, karena toh Auli juga ‘nggak meminta seperti itu. Mendingan uangnya yang dihemat bisa dipakai untuk membeli hadiah tas untuk ulang tahunnya yang dimintanya kemarin itu“, jawabku sambil mengingatkan tentang kerinduan anakku untuk memiliki tas JanSport yang lumayan mahal (‘nggak kebayang kalau aku bisa memilikinya waktu zaman seusia dia, bahkan memintanya pada orangtuaku ku pun pasti aku ‘nggak berani!) yang saat diskusi menjelang tidur malam pernah disampaikannya padaku yang aku jawab “terlalu mahal untuk tas seharga itu, lagian kamu ‘kan masih punya tas yang masih bagus …”.

“Iya, betul pa. Auli bahkan bilang kami berbagi dua uang untuk membelinya”.

Lalu aku mengusulkan agar mak Auli membuat kertas yang bergambar berbagai tas bermerek itu dengan mencetak dari komputer. Gambar tersebut – yang sekaligus sebagai ganti kartu ucapan selamat ulang tahun – akan diserahkan pagi hari saat hari ulang tahun Auli, namun sayangnya mak Auli batal membuatnya …

***

Aku ingin memanfa’atkan momen ini untuk membuat sesuatu yang berkesan bagi Auli. Itulah sebabnya kemarin aku membeli logam mulia seberat tiga gram sebagai hadiah tambahan baginya. Auli Birthday Gold (280314)Dan tadi pagi usai acara pengembusan lilin, aku sampaikan dengan menyampaikan kalimat-kalimat yang menurutku bagus untuk diingatnya:

“Ini emas murni, seperti yang tadi kamu bilang. Logam mulia juga namanya. Papa berikan sebagai pertanda bahwa hidup kita harus murni dan mulia juga yang artinya terhormat. Dan memuliakan Tuhan. Beratnya tiga gram untuk mengingatkan bahwa kita satu keluarga ada tiga orang. Kita satu tim. Selalulah untuk bersama, dan mengutamakan keluarga. Dan yang lebih berarti daripada itu adalah tiga mengingatkan pada Allah Bapa, Tuhan Yesus, dan Roh Kudus yang menjadi pedoman dalam kehidupan kita …”

“Papa bersyukur kepada Tuhan untuk 12 tahun kebersamaan kita sebagai keluarga. Papa sangat bersukacita dengan kehadiranmu sebagai jawaban atas kerinduan kami untuk punya anak, dan Tuhan menitipkanmu bagi kami. Usiamu sekarang sudah bukan lagi usia anak-anak, kamu sebentar lagi sudah masuk SMP. Mulailah bertanggung jawab. Yang utama adalah sekolahmu. Lebih rajin dan mandirilah. Bangun sendiri, makan sendiri, dan belajar sendiri. Mama sudah ‘nggak bisa mengikutimu terus, karena pelajaranmu juga akan semakin berat. Ingat dan lakukanlah itu ya, nak …”

Lalu mak Auli menyampaikan kalimat harapan yang singkat. Dan Auli juga menyampaikan terima kasih kepada kami berdua.

Selanjutnya aku tutup dengan do’a. Berterima kasih kepada Tuhan untuk kebersamaan dan sukacita yang selalu mengiringi kami. Juga aku memohon penyertaan Tuhan bagi anakku Auli dalam menjalani hari-harinya ke depan …

***

Songon umpama (bukan umpasa, karena ini adalah hasil karanganku sendiri) ma dohononhu:

Habang si anduhur, songgop di ginjang ni punsu.

Sai ganjang ma umur, huhut taruli nasa pasupasu.

 

Horas! Horas! Horas!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s