Ujian Tesis

Puji Tuhan! Selasa, 23 Agustus 2016 yang lalu aku mengikuti ujian tesis di kampus tempatku kuliah sejak tahun lalu. “Penundaan” sebenarnya, karena sesuai jadwal semula yang diinfo ke aku sebelumnya adalah Senin, 22 Agustus 2016 jam 08.00 WIB. Itulah sebabnya, aku langsung mengambil cuti untuk Senin tersebut. Ternyata – ini salah satu yang aku tidak suka dengan pengelolaan perguruan tinggi ini – kemudian diralat beberapa hari sebelum hari-H dengan alasan: salah satu dosen penguji tidak dapat hadir dari Batam karena tidak mendapat tiket pesawat! Aneh, ‘kan? Pengurus kampus pun mengusulkan agar ditunda seminggu (yang tentu saja aku tidak mau karena ‘ngga mudah bagiku untuk mengubah dan meminta izin cuti dari kantor seperti itu …), atau diganti dengan dosen penguji yang lain.

Tentu saja aku memilih opsi pertama, karena bagiku tidak terlalu berpengaruh dengan siapa pun yang akan menjadi dosen penguji. Selain dosen pembimbingku (Bapak DR. Poltak Y. P. Sibarani) yang akan menjadi penguji utama dan istri beliau (Ibu Rohana S) sebagai penguji kedua sudah aku kenal dan aku yakin pastilah bertanggung jawab dengan hasil pembimbingan selama ini, materi tesis juga sudah aku kuasai dengan sepenuhnya. Berarti, penundaan sama dengan membuang kesempatan untuk mengerjakan pekerjaan lain, ‘kan?

Pagi-pagi sekali aku sudah sampai di kampus. Hanya penjaga kantin (yang juga mahasiswa strata satu dan saudara kandung pak Poltak) yang sudah ada di kampus. Dan sedang berberes-beres.

Tinggalkan Balasan

